Pendidikan Review TipsTorial

Cara Mudah Tanamkan Nilai Integritas pada Anak Sejak Dini

cara menanamkan nilai integritas pada anak sejak dini

Integritas merupakan nilai penting yang harus dimiliki oleh setiap individu guna membentuk sebuah karakter. Arti integritas adalah menerapkan ideologi sesuai dengan prinsip hidup, menjalani perbuatan secara konsisten dengan ketetapan hati.

Mengamalkan sikap integritas dalam kehidupan sehari-hari merupakan langkah pertama dalam menghindari korupsi. Karena mereka yang berintegritas pastinya akan bertindak sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku.

Karena itu, penting sekali untuk menanamkan nilai integritas kepada anak di usia dini, dengan dimulai dari lingkungan keluarga terlebih dahulu.

Di bawah ini merupakan beberapa cara simpel menanamkan nilai-nilai integritas antikorupsi yang dapat Anda tanamkan kepada anak di rumah maupun di sekolah.

1. Orang Tua Memberikan Contoh yang Baik

Karakter dan sifat seseorang dimulai dari ajaran keluarganya terlebih dahulu. Orang tua berperan penting bagi tumbuh kembang anak. Orang tua menjadi role model anak, apa yang dilakukan anak biasanya meniru dari orang tuanya. Untuk itu sebagai orang tua maka anda perlu menanamkan nilai suri tauladan baik kepada anak sejak dini.

Terapkanlah nilai-nilai integritas, contohkanlah tentang sikap tanggung jawab, kesederhanaan, pengetahuan-pengetahuan tentang mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak agar anak memahami dan menirukan sifat yang baik. Sehingga timbul karakter anak yang memiliki jiwa integritas tinggi dan tentunya dapat menjadi benteng kedepannya untuk tidak melakukan tindakan korupsi.

2. Biasakan Disiplin

Biasakanlah menerapkan sifat disiplin pada anak. Disiplin dalam mematuhi perintah secara tertulis maupun tidak, disiplin juga dapat diartikan mengerjakan sesuatu kegiatan yang konsisten sehingga menjadi sebuah kebiasaan. Untuk menanamkan nilai integritas disiplin pada anak, Anda dapat membuat peraturan tulis di rumah.

Misalnya ajarkan anak untuk membuang sampah pada tempatnya, ajarkan anak untuk mengetahui kapan waktu dia bisa bermain dan kapan waktu dia belajar mengerjakan PR.

Anda juga dapat memberikan tugas kepada setiap anggota keluarga sebagai bentuk tanggung jawab. Misalnya yang bertugas membersihkan ruang TV pada hari Senin ialah ayah, atau yang bertugas untuk memberikan makan hewan peliharaan adalah si anak. Kunci dari disiplin ialah melakukan secara konsisten dan tanpa adanya paksaan.

3. Tanamkan Nilai Kejujuran

Kejujuran merupakan sikap lurus hati dan tidak berbohong. Kejujuran merupakan sikap yang mulia untuk itu Anda dapat mengajari anak anda tentang nilai kejujuran sejak dini.

Beberapa cara yang bisa anda terapkan antara lain dengan mengajarkan anak untuk meminta izin ketika meminjam barang, ajarkan anak untuk tidak mengambil barang yang bukan miliknya. Anda juga bisa memberikan pengertian untuk tidak mencontek dalam setiap ulangan.

Selain itu Anda dapat membiasakan anak untuk saling terbuka dan bercerita. Ajari mereka untuk mengakui kesalahan, serta bagaimana meminta maaf. Jika anak-anak mendapat nilai ulangan yang jelek maka jangan memarahinya, sebaiknya sebagai orang tua Anda perlu menuntunnya dan menasehatinya untuk menjadi lebih baik kedepannya.

4. Sikap Adil pada Anak

Orang tua harus bersikap adil terhadap anak-anaknya. Dalam memenuhi kebutuhannya antara anak satu dengan yang lainnya harus adil dan tidak memfavoritkan salah satu.

Jangan sampai timbul ketidakadilan dan mengakibatkan sifat iri dengki antar anak. Hal ini merupakan cerminan dari salah satu sembilan sikap integritas yaitu adil. Anda juga dapat mengajarkan anak untuk bersikap adil misalnya dalam membagi suatu makanan.

Ajarkan anak bahwa setiap orang memiliki hak dan kewajiban yang sama maka dari itu dia tidak memilih-milih teman dan dapat memperlakukan orang lain dengan adil dan sama rata.

Itu dia beberapa cara simpel yang dapat anda terapkan dalam menanamkan nilai integritas pada anak sejak dini. Yang terpenting selalu berpedoman pada nilai integritas guna membentuk karakter anak agar terhindar dari sikap korupsi kedepannya.

Anda juga bisa mengunjungi situsĀ  ACLC KPK untuk menambah informasi seputar nilai integritas dan sikap antikorupsi yang bisa Anda ajarkan pada anak dengan cara yang mudah, karena diberikan dalam bentuk cerita dan lagu. Semoga bermanfaat.

 

Referensi:

https://aclc.kpk.go.id/aksi-informasi/Persepsi/20220610-yuk-tanamkan-integritas-ke-anak-dan-keluarga-kita

https://www.hukumonline.com/berita/a/menanamkan-nilai-nilai-karakter-antikorupsi-pada-anak-lt59644683ea927/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *