Bisnis Review

Shopee vs Tokopedia: E-Commerce yang Memiliki Banyak Pengguna

Shopee vs Tokopedia

Shopee vs Tokopedia – Perkembangan dunia digital yang semakin maju, membuat semakin banyak e-commerce yang bermunculan di Indonesia. Seperti, lazada, bukalapak, shopee, tokopedia, dan lain-lain. Namun sayangnya, hal ini membuat masyarakat kebingungan memilih e-commerce mana yang lebih bagus.

Memperdebatkan mana yang e-commerce mana yang terbaik memang tidak akan ada habisnya. Selain karena pembenahan yang terus pihak e-commerce lakukan, juga karena selera orang yang berbeda.

Nah, artikel kali ini akan membahas perbandingan Shopee vs Tokopedia yang mempunyai banyak pengguna dari berbagai kalangan. Apa saja, ya? Yuk langsung simak penjelasannya berikut ini!

Barang yang Dijual

Kedua e-commerce ini memiliki pangsa pasar yang berbeda, terutama dari jenis produknya. Menurut hasil riset, Tokopedia mempunyai keunggulan dalam penjualan barang-barang elektronik, alat kesehatan, kecantikan, hingga kebutuhan dekorasi ruangan.

Berbeda dengan karakteristik produk-produk Shopee yang lebih cenderung pada pernak-pernik lucu, outfit terbaru, dan barang-barang yang tengah populer di pasaran.

Harga dan Ongkos Kirim

Berdasarkan hasil ulasan pengguna, Shopee lebih sering menawarkan promosi ongkos kirim dan juga harga produknya lebih terjangkau daripada Tokopedia. Meski begitu, fitur gratis ongkir Shopee ini ternyata membuat penjual kesulitan dan akhirnya berimbas pada pendapatan kurir.

Hal ini sempat ramai di media-media berita dan juga sempat menjadi trending topic di salah satu media sosial.

Fitur Aplikasi

Dari segi fitur aplikasi Shopee vs Tokopedia, bisa jadi Shopee yang menjadi juaranya. Karena, pengguna Shopee tidak hanya bisa berbelanja online, melainkan juga bisa menikmati beberapa games, Shopee Tanam, Goyang Shopee, dan sebagainya.

Shopee juga memiliki fitur Shopee Paylater yang mana pengguna bisa mendapatkan pinjaman uang. Sedangkan Tokopedia, tidak mempunyai dua hal tersebut. Namun, saat ini Tokopedia telah berinovasi dengan menambahkan fitur Tokopedia Play yang berisi video promosi produk jualan.

Asal Usul Perusahaan

Dua e-commerce ini sama-sama rilis pada tahun 2015, namun perbedaannya Shopee berasal dari perusahaan Singapura, sedangkan Tokopedia merupakan e-commerce karya anak bangsa yang identik dengan warna hijau.

Salah satu daya tarik Shopee adalah sering menampilkan bintang-bintang K-POP di setiap acara mereka di televisi. Pun dengan Tokopedia yang brand ambassadornya adalah BTS dan Blackpink.

Nah, itu dia perbandingan Shopee vs Tokopedia by Anita Blog yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih e-commerce terpercaya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *