Info Menarik Kesehatan

5 Kebiasaan Buruk yang Sebabkan Kerontokan Rambut

cara mengurangi kerontokan rambut

Rambut yang tampak bervolume pun akan semakin terlihat tipis bila mengalami kerontokan. Apalagi Anda tidak melakukan upaya perawatan yang benar, maka risiko rambut patah, rusak dan rontok bisa semakin parah. Tidak hanya salah pilih produk perawatan rambut, tetapi kebiasaan buruk bisa memicu kerontokan rambut. Anda harus tahu cara mengurangi kerontokan rambut dengan menghindari kebiasaan buruk berikut.

Hal yang Mengakibatkan Rambut Rontok

Bila rambut rontok 50-100 helai setiap hari, Anda tidak perlu khawatir rambut akan semakin tipis. Kerontokan rambut merupakan hal alami sebab regenerasi rambut baru akan terus muncul. Meskipun demikian, Anda tidak boleh abai terhadap kerontokan rambut yang parah. Berikut 5 hal yang bisa mengakibatkan kerontokan rambut yang perlu Anda ketahui yaitu :

1. Keramas air panas

Anda harus menghindari keramas air panas terlalu sering sebab bisa mengakibatkan kerusakan akar rambut. Pori-pori akan terbuka dan minyak pelindung alami rambut menghilang akibat suhu air yang terlalu panas.

2. Pakai hair styling setiap hari

Hair styling yang terus menerus bisa membuat rambut Anda menjadi lebih rapuh dan rontok. Hal ini dikarenakan suhu panas pada catokan, hair dryer, alat pengeriting rambut, dan lain-lain.

3. Kurang asupan nutrisi

Cara mengurangi kerontokan rambut yang disebabkan oleh diet ketat adalah menambah asupan makanan yang bernutrisi. Agar rambut Anda lebih sehat dan bebas masalah kerusakan, Anda harus konsumsi makanan kaya protein tinggi seperti ikan dan kacang-kacangan.

4. Salah merawat rambut

Hindari menyisir rambut saat mahkota Anda basah, gunakan sisir yang memiliki gerigi halus, tidak mengikat rambut terlalu kencang, dan penyebab buruk lainnya.

5. Stress

Stress dan kondisi medis tertentu menjadi penyebab kerusakan rambut seperti rontok. Sebaiknya Anda kelola stress dengan hal yang lebih positif atau konsultasikan dengan dokter bila kerontokan disebabkan oleh riwayat penyakit atau metode pengobatan tertentu.

Cara mengurangi kerontokan rambut yang disebabkan oleh kebiasaan buruk bisa Anda hindari, kecuali metode pengobatan yang berpengaruh pada kesehatan rambut seperti kemoterapi. Hindari melakukan hair styling atau mengecat warna rambut terlalu sering sebab rentan membuat rambut Anda rontok dan rusak. Bila Anda memiliki jenis rambut kering, selalu pakai produk masker rambut untuk perawatan jangka panjang dan hindari keramas terlalu sering, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *