Kesehatan Review

Dampak dan Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan

Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan

Bahaya narkoba tentu saja mengancam berbagai aspek terutama bagi kesehatan. Orang-orang yang mengkonsumsi narkoba apalagi jika sudah bertahun-tahun melakukannya pasti terlihat tidak sehat, ketika menjalani kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya wajahnya yang pucat dan terlihat lesu serta kurang berenergi. Kebanyakan pecandu narkoba juga mudah terserang penyakit, yang mungkin jika masih muda belum terlihat saja bahwa ada penyakit berbahaya yang menyerang. Karena salah satu dampak dari konsumsi narkoba memang membuat sistem imun tubuh melemah sehingga mudah sekali terserang berbagai virus dan penyakit.

Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan

Berikut ini merupakan bahaya narkoba yang sangat fatal bagi kesehatan penggunanya.

Mengganggu Fungsi Otak

Dikutip dari Investor, bahaya narkoba bisa berpengaruh pada otak. Dimana bisa mempengaruhi daya ingat dan konsentrasi yang terus menurun bahkan susah mengambil keputusan.

Adapun gangguan fungsi otak ini biasanya diderita pada seseorang yang menggunakan narkoba dalam jangka waktu yang panjang sehingga memicu perubahan pada sel saraf dalam otak. Adapun gangguan ini dapat mengendalikan kemampuan berpikir dan juga komunikasi.

Halusinasi

Orang yang mengkonsumsi narkoba jenis ganja atau mariyuana bisa mudah mengalami halusinasi. Selain halusinasi ada juga yang namanya peningkatan tekanan darah dan denyut nadi, paranoid sampai gangguan kecemasan.

Ini karena memang marijuana bisa menyebabkan gangguan mental. Apalagi jika konsumsinya tidak berhenti dan rutin.

Gangguan Kualitas Hidup

Konsumsi narkoba juga bisa berdampak pada gangguan kualitas hidup. Para pengguna umumnya mengalami kecanduan dan seiring berjalannya waktu membutuhkan dosis yang lebih tinggi untuk mendapatkan efek yang sama.

Seseorang yang sudah tidak mendapatkan efek narkoba maka biasanya gelisah dan sulit tidur, nyeri otot hingga ingin sekali mengkonsumsi narkoba. Hal-hal seperti ini tentu saja dapat mengganggu kualitas hidup pengguna apalagi jika ingin kembali ke lingkungan sosial.

Kejang dan Kematian

Perlu Anda tahu bahwa pecandu narkoba juga harus bersiap-siap menghadapi yang namanya kematian. Umumnya kematian disebabkan karena overdosis beberapa jenis narkoba. Efek yang timbul umumnya kejang-kejang terlebih dahulu lalu bisa menyebabkan kematian jika dosis narkoba yang dikonsumsi terlalu tinggi.

Penggunaan narkoba juga bisa menyebabkan seseorang mudah sekali terserang infeksi HIV atau hepatitis B, apalagi bagi yang mengkonsumsi narkoba dengan bentuk suntikan. Diketahui kedua penyakit ini tentu saja berbahaya karena bisa menyebabkan kematian.

Maka dari itu jauhi narkoba dari kehidupan Anda dan orang-orang terdekat. Karena bahaya yang menyerang mempengaruhi fisik dan psikis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *