Info Menarik Kesehatan

Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes yang Harus Dihindari

Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

Mengatur pola makan bisa jadi salah satu cara yang tepat untuk mengendalikan gejala diabetes. Selain itu, Anda sebagai pasien diabetes juga harus menghindari banyak makanan yang menjadi pantangan makanan untuk penderita diabetes.

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis di mana seorang yang mengalaminya memiliki kadar gula darah yang tinggi. Maka pasien diabetes harus batasi konsumsi makanan yang punya kalori tinggi dan karbohidrat.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes

Berikut ini beberapa pantangan makanan yang harus dihindari ketika mengalami diabetes.

Makanan Manis

Yang pertama ada jenis makanan manis seperti kue, es krim, martabak, makanan kemasan manis hingga puding. Makanan manis ini mengandung gula yang cukup tinggi. Sementara gula adalah jenis karbohidrat yang paling cepat dicerna menjadi gula darah. Jika konsumsi makanan manis banyak, maka membuat gula darah pasien diabetes bisa melonjak cepat

Makanan Dengan Lemak Trans

Makanan penderita diabetes yang harus dijauhi adalah makanan yang punya kandungan lemak trans. Seperti misalnya keripik kentang kemasan, kentang goreng dan juga aneka jenis gorengan.

Lemak trans ditemukan pada margarin, nilai dan juga makanan yang diawetkan. Kombinasi minyak goreng dan karbohidrat dari kentang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Buah Kering

Buah merupakan alternatif untuk camilan sehat. Namun tidak dengan buah kering, yang ternyata termasuk dalam kategori camilan tidak sehat bahkan menjadi pantangan bagi yang sedang diabetes.

Buah kering diproses untuk menghilangkan kadar air sehingga yang tersisa hanya kandungan. Buah kering kandungan gizi dan vitamin serta mineral juga hilang.

Minuman Manis

Penderita diabetes juga harus menghindari yang namanya minuman manis baik buatan ataupun alami. Minuman manis yang harus dihindari adalah minuman bersoda, sirup, teh dan juga kopi kemasan. Jus dan susu kemasan juga mungkin harus dihindari.

Kopi Dengan Tambahan Bahan

Mengkonsumsi dengan tambahan bahan seperti karamel, sirup, primer atau susu ternyata punya kadar gula tinggi. Jadi jika Anda ingin mengkonsumsi kopi sebaiknya pilih kopi pahit tanpa gula pasir ataupun krimer karena bisa menaikkan gula darah pasien diabetes lebih cepat.

Selain kelima makanan di atas, terdapat beberapa pantangan makanan penderita diabetes lainnya seperti saus tomat dan saus salad, roti putih, nasi putih, tepung olahan madu, sirup maple hingga sirup agave. Untuk Anda yang ingin melakukan diet sehat karena diabetes maka temukan partner yang tepat yaitu Sirka.

Sirka akan membantu memberikan panduan diet sehat dengan untuk hidup sehat jangka panjang dengan membangun mindset serta kebiasaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *