Info Menarik Pendidikan Review

Mengenal Peran Konsultan dalam Industri Konstruksi

peran konsultan dalam industri konstruksi

Konsultan merupakan pihak yang bertugas merencanakan dan mengawasi pelaksanaan pekerjaan agar hasilnya sesuai dengan detail yang telah terencana. Konsultan akan mengawal pembangunan dari awal hingga masa konstruksi. Kita bisa mendapatkan ilmu terkait teknik sipil di Universitas Pertamina.

Secara umum, konsultan akan menerjemahkan keinginan dan kebutuhan pemiliki bangunan dengan mendampingi perencanaan dengan membuat desain gambar, perhitungan, dan dokumen lainnya.

Selain itu, konsultan akan melakukan pengawasan terhadap hasil sebuah pedoman pelaksanaan dengan akurat sehingga menentukan keberhasilan suatu proyek. Dalam bidang konstruksi, konsultan terbagi menjadi dua. Berikut ini penjelasannya!

Konsultan Perencanaan

Konsultan ini merupakan pihak yang bertugas melaksanakan pekerjaan yang berkaitan perencanaan. Ketika akan melangsungkan pembangunan, pihak konsultan akan membuat jadwal rutin dengan kontraktor untuk membahas rencana atau pedoman pelaksanaan proyek.

Peran konsultan perencanaan seperti mengadakan penyesuaian kondisi lapangan dengan keinginan pemilik bangunan. Selain itu, konsultan akan membuat gambar kerja pelaksanaan dan Rencana Kerja dan Syarat Pelaksanaan Bangunan maupun Rencana Anggaran Biaya.

Konsultan juga akan menuangkan keinganan pemilik bangunan ke dalam desain bangunan dan melakukan perubahan desain apabila terjadi masalah di lapangan. Mereka pun harus bertanggung jawab atas desain maupun perhitungan struktur apabila ada kegagalan konstruksi di kemudian hari.

Konsultan Pengawas

Kosultan konstruksi ini memiliki tanggung jawab dalam pelaksanaan pekerjaan pengawasan. Konsultan bisa berupa badan usaha atau perorangan.

Perlu sumber daya manusia yang mumpuni di bidang masing-masing. Misalnya teknik sipil, arsitektur, mekanikal elektrikal, listrik dan lain sebagainya sehingga bangunan bisa terlesaikan dengan baik, cepat, dan tepat.

Peran konsultan pengawas konstruksi meliputi melakukan administrasi umum terkait pelaksaan kontrak kerja, pengawasan secara berkala tehadap pelaksanaan proyek, dan menerbitkan laporan prestasi kerja.

Tidak hanya itu, konsultan pengawas juga memberikan saran maupun pertimbangan kepada pemilik proyek dan kontraktor terkait pelaksanaan pekerjaan. Konsultan juga memeriksa gambar shop drawing dari kontraktor sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan dan menyetujui tipe atau merek yang kontraktor usulkan sesuai kontrak kerja.

Nah, itulah beberapa informasi terkait konsultan bidang konstruksi. Dalam pengerjaan memang sangat membutuh ilmu dan pengetahuan yang mumpuni.

Oleh karena itu, jika kita tertarik ingin menajdi konsultan konstruksi, kita bisa mengambil prodi teknik sipil di Universitas Pertamina.

Universitas Pertamina siap memberikan pendalaman materi terkait perencangan, pembangunan, dan proses renovasi seluruh bangunan maupun infrastruktur. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi universitaspertamina.ac.id.

Yuk jadi konsultan konstruksi yang handal bersama Universitas Pertamina sebagai Universitas Swasta Terbaik. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.