Kesehatan Review

Penyebab Jerawat Gatal yang Mengganggu Aktivitas

Penyebab Jerawat Gatal

Jerawat adalah salah satu masalah terbesar di kulit wajah, baik untuk para pria maupun wanita. Jerawat saja sudah menjadi salah satu kondisi yang tidak nyaman dirasakan, apalagi jika sampai jerawat terasa gatal. Pastinya sangat tidak nyaman dan kondisinya akan parah jika anda menggaruk bagian jerawat yang gatal tersebut. Ternyata ada beberapa penyebab jerawat gatal yang terjadi. Faktor-faktor yang mempengaruhi tersebut, tentu saja wajib Anda pahami karena bisa menjadi indikasi penyakit yang mungkin cukup serius.

Penyebab Jerawat Gatal

Berikut ini beberapa penyebab jerawat terasa gatal yang wajib diketahui.

Paparan Sinar Matahari

Penyebab yang pertama yaitu karena sering terpapar sinar matahari. Ketika kulit sering terpapar sinar matahari bisa saja gatal karena reaksi sistem imun yang salah mengenai senyawa yang diserap kulit dari sinar matahari.

Hal ini secara otomatis membuat tubuh melindungi diri dari senyawa dengan menimbulkan reaksi gatal, akibat alergi terhadap sinar matahari. Terlebih bagi Anda yang memiliki kulit sensitif kondisi ini bisa saja mudah terjadi.

Alergi

Alergi tentu saja menjadi penyebab jerawat gatal yang cukup umum. Alergi ini bisa menyerang karena obat jerawat atau menggunakan produk kecantikan yang salah tidak sesuai dengan jenis kulit. Karena ada beberapa obat jerawat yang punya kandungan benzoil peroksida yang bisa membuat jerawat semakin gatal terutama untuk kulit yang sensitif.

Wajah Berkeringat

Saat wajah Anda sedang berjerawat sebaiknya jangan biarkan keringat berlebihan menempel di wajah. Karena reaksi keringat ke jerawat apalagi untuk jerawat baru bisa membuat wajah terasa gatal. Produksi keringat berlebihan bisa membuat pori-pori wajah tersumbat dan menyebabkan pertumbuhan bakteri.

Bakteri ini yang bisa menyebabkan peradangan dan menambah pertumbuhan jerawat serta menimbulkan rasa gatal.

Reaksi Terhadap Obat

Jika Anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu bisa jadi merupakan reaksi kulit terhadap obat hingga menimbulkan efek samping dan memicu alergi. Cara kerja obat adalah ketika pertama kali diserap dan masuk ke dalam tubuh kemungkinan sistem imun tubuh menanggapi kondisi tersebut dengan memproduksi antibodi penangkal penyakit.

Antibodi yang dikeluarkan adalah imunoglobulin E. Antibodi ini mampu melepaskan histamin agar obat keluar dan histamin dapat mempengaruhi saluran pencernaan, pernapasan hingga kulit.

Itu tadi beberapa penyebab jerawat gatal yang umumnya terjadi. Dapatkan informasi seputar jerawat lebih lengkap dengan mengunjungi website heystetik. Di sini Anda bisa menemukan sumber informasi terpercaya dan masuk akal terutama untuk perawatan estetik.

heystetik juga bekerja sama dengan dokter medis dan praktisi estetika untuk mendapatkan informasi perawatan estetik medis yang akurat dan juga terkini di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *