Info Menarik Pendidikan

Donasi Bulanan vs Donasi Sekali

donasi bulanan

Donasi bagi sebagian orang adalah salah satu tindakan mulia. Orang-orang yang berhati mulia dan mampu, pasti tidak akan segan-segan untuk meluangkan waktu dan hartanya demi kepentingan orang banyak. Salah satu donasi yang kerap dilakukan adalah donasi kesehatan. Bagi orang-orang yang hidup di wilayah normal, kesehatan nampak tidak memiliki harga. Padahal kesehatan adalah salah satu sektor penting bagi semua manusia.

Bayangkan jika suatu ketika kamu sakit. Maka semua akan dilakukan agar kesehatan yang kamu miliki kembali. Walaupun harus menggelontorkan uang yang tidak sedikit, orang akan rela melakukan apapun demi kesehatannya pulih. Bayangkan jika kamu mengalami sakit dan tidak mampu pergi ke rumah sakit, apa yang akan kamu lakukan? Tentu kamu beserta keluarga akan dilanda kebingungan yang sangat luar biasa.

Mari Berdonasi

Karena tingkat perekonomian yang tidak merata, akhirnya masih banyak beberapa wilayah di dunia termasuk Indonesia membutuhkan donasi sanitasi. Tindakan ini akan dilakukan oleh orang-orang yang memiliki waktu dan mampu dalam segi finansial untuk memenuhi kebutuhan orang lain. Pada umumnya orang-orang yang mampu akan melakukan donasi bulanan secara rutin untuk wilayah tertentu. Donasi ini biasanya memiliki target yang jelas dan juga ditampung oleh lembaga formal.

Sedangkan bagi orang-orang tertentu, ada pula tindakan untuk melakukan donasi sekali. Tindakan ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang ingin berkontribusi untuk sebuah bencana di wilayah. Seperti gempa NTT, Tsunami Aceh, dan lain-lain. Donasi semacam ini biasanya akan langsung diberikan pada mereka yang tertimpa musibah dan tidak dilakukan secara rutin.

Mana Yang Lebih Baik? 

Kedua donasi itu sebenarnya sama-sama baik. Namun memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Apabila kamu tergolong orang yang mampu dan bisa konsisten untuk berdonasi setiap bulan. Maka bisa bekerjasama dengan lembaga formal yang jelas. Contoh UNICEF, lembaga ini dinaungi langsung oleh PBB dan berafiliasi dengan banyak pihak. Jadi apabila kamu ingin donasi dalam bentuk apapun termasuk donasi kesehatan, bisa langsung menghubungi UNICEF dengan membuka laman terkait.

Sedangkan donasi sekali, juga tergolong tindakan baik. Sebab apabila tidak ada orang yang cepat tanggap dalam merespon sebuah bencana yang mendadak terjadi, maka hanya akan membuat korban jiwa berjatuhan menjadi semakin lebih banyak. Musibah tidak bisa dicegah dan diprediksi. Jadi kamu perlu siap siaga setiap saat jika ternyata wilayah tertentu mengalami sebuah musibah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.