Pendidikan TipsTorial

Tips Sukses Agar Bisa Lolos Wawancara Beasiswa

Tips Sukses Agar Bisa Lolos Wawancara Beasiswa

Agar bisa mendapatkan beasiswa apalagi untuk kategori beasiswa ke luar negeri, tentu saja bukan hal yang mudah. Anda harus melewati berbagai proses terlebih dahulu salah satunya wawancara. Wawancara sendiri adalah salah satu metode seleksi yang paling banyak digunakan untuk seleksi beasiswa.

Adapun wawancara bertujuan untuk mengenal kandidat atau calon penerima beasiswa dan menilai kesesuaian dengan kriteria penilaian yang sudah ditetapkan. Untuk waktu wawancara sendiri berbeda-beda tergantung dari penyelenggara. Namun bagaimanakah agar bisa lulus wawancara dengan mudah?

Tips Lolos Wawancara Beasiswa

Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips untuk wawancara saat akan mencari beasiswa.

Riset Pertanyaan Yang Sering Keluar Saat Wawancara

Anda wajib melakukan riset ini untuk mencari tahu pertanyaan yang sering muncul saat wawancara. Kemudian lihat dan pelajari juga essay yang Anda tulis saat mengirim pengajuan beasiswa. Karena pewawancara banyak menggunakan essay yang anda tulis untuk memberikan pertanyaan.

Cari tahu juga seputar program beasiswa yang akan dilamar dan mempelajari isu-isu terbaru yang sedang terjadi yang kemungkinan relevan dengan program beasiswa.

Latihan Cukup

Melakukan latihan sebelum wawancara juga sangat penting. Anda bisa mulai dengan berlatih menjawab berbagai pertanyaan wawancara bersama orang lain seperti teman atau kerabat atau bisa dengan diri sendiri di depan kaca.

Adapun manfaat latihan yang lebih sering dan cukup membantu anda lebih tenang dan percaya diri. Sehingga lebih mudah untuk menghadapi wawancara yang sebenarnya nanti.

Persiapan Gadget

Banyak wawancara beasiswa apalagi untuk kategori beasiswa luar negeri dilakukan secara daring. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mempersiapkan gadget yang mumpuni. Mulai dariĀ  gadget seperti komputer, laptop hingga smartphone.

Kemudian juga penting untuk mempersiapkan internet yang stabil bahkan internet yang cukup kencang. Kemudian Anda juga harus men-survei perangkat lunak sudah diperbarui atau belum sebelum sesi wawancara.

Bersikap Tenang

Selama wawancara nantinya Anda harus bersikap tenang meski sedang menerima pertanyaan yang sulit dan tidak terduga. Ambil waktu sejenak untuk memikirkan jawaban. Jika kurang yakin dengan pertanyaan maka bisa melakukan pertanyaan balik untuk klarifikasi pertanyaan jadi jawaban bisa tepat sasaran.

Untuk yang masih kurang menguasai dan ingin belajar sesi wawancara beasiswa maka bisa ikut kelas persiapan wawancara di Schoters. Dimana Schoters adalah sebuah platform yang membantu Anda untuk persiapan program kuliah di luar negeri, pertama bagi yang ingin mengejar beasiswa luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *